RSS

Fakta Terbaru : PLN Mulai Jadi “sarang preman pasar” !

30 Mei

Pada tulisan sebelumnya (baca : PT.PLN kini sudah tak BECUS jalankan Perusahaan!) saya telah mendapatkan berbagai komentar-komentar mulai dari kalimat-kalimat bijaksana hingga kalimat-kalimat premanisme yang sangat kasar, bahkan dengan nada-nada penghinaan yang tidak lazim dikeluarkan oleh orang-orang yang diklaim bertalenta tinggi, cerdas serta pintar.๐Ÿ˜€

Selain itu MIUSKI mendapatkan beberapa request yang diantaranya (msh teringat, dan terngiang-ngiang hingga tulisan ini diturunkan, difikir kembali, ngapain juga MIUSKI harus mencari fakta dan data yang susah, lebih baik gunakan fakta-fakta dan data yang ada, serta nyata, dan memang tidak fiktif). Penulis blog kini mengangkat tema “Fakta Terbaru : PLN “Sarang Preman” !” dan ini bukan tulisan tanpa fakta dan data, silahkan anda buka postingan penulis pada halaman sebelumnya yang berjudul “PT.PLN kini sudah tak BECUS jalankan Perusahaan!“, seharusnya dengan hadirnya postingan bertema spt ini, seorang pegawai PLN yang bertalenta tinggi, pintar dan cerdas, tidak akan menggunakan sisi emosional dalam menanganinya, pegawai PLN yang baik harus bisa mengambil sikap yang bijaksana dengan memberikan penjelasan-penjelasan yang sopan santun, bukan bertindak seperti layaknya preman yang ketika dihadapkan pada permasalahan langsung bertindak kasar, melakukan penganiayaan serta melontarkan berbagai ancaman-ancaman keras.

Perlu dibahas lagi, sedikit saja ya, apa sih PREMAN ? Nah loh, mereka adalah masyarakat tingkat rendah dengan mental yang juga rendahan, biasanya orang-orang berjiwa preman (terutama preman pasar nih๐Ÿ˜€) tidak pernah mengenyam bangku pendidikan tinggi, paling tinggi dan mentok juga SD (Sekolah Dasar), mereka lebih dominan tidak bisa mengendalikan emosinya dan mengutamakan kekerasan dalam menyelesaikan suatu masalah, selain itu pekerjaan preman selalu memeras orang-orang yang mereka anggap lemah, contohnya begini, seorang pedagang dipasar diancam bila ingin aman berdagan disana maka mereka harus menuruti apa yang diminta sang preman, mulai dari sisi jasa hingga ke sisi finansial. Krn takut, maka si pedagang menuruti saja apa yang diminta sang preman asalkan dirinya aman berdagang ditempat itu. Si pedagang takut, bukan segan, karena ancaman-ancaman yang sering dilontarkan oleh sang preman.

Sekarang mari kita beralih kepada pegawai-pegawai PLN generasi Muda, yang konon katanya adalah hasil rekrutmen dengan sistem seleksi yang sangat ketat, diklaim bahwa orang-orang yang lolos dalam seluruh seleksi yang diselenggarakan oleh jasa rekrutmen yang disponsori oleh PT.PLN ini menghasilkan manusia-manusia berdedikasi tinggi, bertalenta tinggi, kecerdasan tinggi dan pintar [pokoknya, pd bagian yang tinggi-tinggi deh, katanya itu juga, hehehehee….], tapi setelah dilakukan penelitian oleh penulis, melalui balasan-balasan komentar mereka pada ‘kasus’ posting “PT.PLN kini sudah tak BECUS jalankan Perusahaan!” (anggap saja postingan ini adalah sebuah contoh kasus yang harus kalian selesaikan dengan baik) ditemukan fakta-fakta itu, dan tak lupa ini disertai dgn data loh! (data disini maksudnya adalah komentar-komentar para pegawai PLN muda ataupun yang tua, bisa dilihat seperti apa๐Ÿ™‚ mengerikan dech pokoknya kalo gak disortir), silahkan kalian buka halaman yang berisikan postingan itu (perlu diketahui, sudah disortir, kalimat-kalimat yang berisi tulisan sangat kasar, dan bersifat menghina habis-habisan tdk di approve, juga orang-orang sok pintar yang menitipkan link dilapak sy ini, wkwkwk… notes : sy pemilik blog ini, apapun yang saya lakukan itu adalah hak saya, bukan hak pengunjung BLOG๐Ÿ˜€).

Okey, mari kita lanjutkan lagi, kita kupas sedikit tentang sifat-sifat orang PLN itu seperti apa, btw sy akan abadikan itu kalimat-kalimat komentar pada halaman “PT.PLN kini sudah tak BECUS jalankan Perusahaan!“, utk dijadikan sebagai fakta nyata, tidak dibuat-buat dan bukan hasil editing, komentar-komentar orang yang mengaku sebagai pegawai PLN itu saya approve apa adanya. Berikut ini cuplikan ringkas dari berbagai komentar yang mereka lontarkan :

MIUSKI menekankan bahwa Pegawai PLN kini tak becus menjalankan perusahaan, ditambah dengan sedikit bumbu manis “OS lebih mampu bekerja dibanding pegawai PLN sesungguhnya”, fakta dilapangan adalah jelas, pelaksana fungsional kebanyakan pegawai OS, pegawai PLN paling cuma 1% lah๐Ÿ™‚

Komentar mereka bila dirangkum kurang lebih seperti ini :

1. Kalo emang gak betah kerja di PLN, ngapain lo masih maksain kerja, masih banyak kok diluar sana yang butuh kerjaan. <– dari sedikit cuplikan ini dapat dilihat, bahwa mereka hanya memikirkan diri mereka sendiri, 1 poin diatas sudah cukup membuat mereka kebakaran pantat, sampe-sampe ubun-ubun mereka ga bisa lagi berfikir dingin, cuma pantat penulis aja yang hingga kini masih tetap dingin menghadapai komentar-komentar brutal mereka. Org yang cerdas dan pintar, akan menangkap pesan tersembunyi dibalik poin diatas, misalnya mereka jadi semakin bersemangat dan tak mau kalah dengan OS, mereka berlomba-lomba menyelesaikan tugas dan tidak berleha-leha dgn alasan ini itu, sehingga OS benar-benar berjalan seperti fungsinya, yakni membantu pekerjaan PLN. Yg namanya membantu itu ya ndak harus full dikerjakan semua, misalnya kalo sy sdg diatas tangga kemudian minta tolong diambilkan obeng itu yang namanya dibantu๐Ÿ˜€

2. Lo pasti OS yang gak pernah bisa lolos ikutan testing PLN, jadi frustasi sampe nulis yang beginian, kalo emang lo lebih pinter dari pegawai PLN kenapa ga dibuktiin lewat rekrutmen besar-besaran (mksdnya melalui testing), atau emang otak lo bego dan ga mampu, udah lo mendingan bersihin toilet aja atau sapu-sapu kantor biar bersih. <– qta kembali lihat cuplikan singkat ini, seorang pegawai PLN yang bijaksana tentunya akan berfikir dan tidak akan berkomentar demikian, jika memang bertalenta tinggi, cerdas serta pintar. Jgn2 ntar, besok atau lusa, ada masyarakat mengeluh karena ada gangguan listrik di KWH atau Gardu dekat rumahnya, pegawai PLN tersebut ga bisa betulin, malah diomelin tuh masyarakat dgn perkataan senada, misalnya begini “kerjain aja oleh anda sendiri kalo emang bisa, kalo emang anda bego dan ga bisa ngerjain sendiri kenapa musti ngomel-ngomel ke saya” >.< wadjuh.. wadjuh… bisa hancur PLN kalo semua pegawai PLN hasil rekrutmen berkalimat seperti ini krn terbakar emosional, mudah2an aja ndak seperti itu ya mas..mas.. dan mbak..mbak.. anda itu harus selalu ingat, bahwa anda adalah pelayan masyarakat, anda digaji oleh uang masyarakat, semarah apapun masyarakat kepada anda bukan berarti dibalas lagi dengan amarah, tunjukanlah wajah keledai alias DONKEY anda kepada mereka, supaya mereka bisa kembali tersenyum, LOL๐Ÿ™‚ LOL๐Ÿ™‚

3. Terakhir nih ye, kata mereka : kalo emang lo ga suka ma PLN, ya udah aja, ga usah pake listrik PLN, cari perusahaan listrik yang lain aja ! <– nah lho,..!!! gimana PLN mau maju dan jaya, malahan ntar, besok atau lusa kalo ada perusahaan swasta yang siap menandingi PLN pasti bakalan ditinggalin pelanggan dong, perlu juga disadari bahwa PLN tidak akan menjadi besar seperti sekarang bila tidak ada pelanggan, PLN menjadi perusahaan besar karena besar juga jumlah pelanggannya. Oleh karena itu haruslah banyak mengoreksi diri dan tidak mencari pembenaran atas kesalahan tersebut.

Kesimpulan :

1. Pegawai PLN bersifat kasar dan tidak bijaksana dalam memberikan jawaban (mungkin tdk semua, tp rata-rata spt itu, presentase org bijak memiliki presentase sgt kecil ketimbang orang-orang kasar, uji petik telah dilaksanakan pada tulisan sebelumnya)

2. Pegawai PLN hanya memikirkan diri sendiri, faktanya : dari dulu sampe sekarang tidak ada satu kebijakan pun yang menguntungkan pegawai OS, malah terus dilakukan pemangkasan-pemangkasan dgn alasan efisiensi, mulai dari passing pegawai OS dibawah Koperasi dilempar ke perusahaan berskala PT, kini dilempar lagi ke perusahaan yang konon masih anak dari PT tersebut, terombang-ambing, kebijakan-kebijakan finansial yang dikeluarkan oleh PT tersebut tentunya akibat pengaruh dari efisiensi yang dilakukan oleh PLN, dampak buruk bagi OS dan tidak bagi pegawai PLN (Pegawai PLN sih semakin sejahtera saja…. :D)

3. Pegawai PLN suka/gemar sekali mengancam ! Ya ini sifat pegawai PLN yang paling bikin penulis suka sebal dan sampe sekarang membekas di hati dan tak akan pernah penulis lupa dgn kalimat-kalimat sok berkuasa mereka. Kalo mengancam “tak putusin listriknya krn anda telat bayar” sih tak jadi masalah, lha ini,.. udh jelas OS bekerja keras, susah payah agar bisa menjaga nama baik perusahaan OS terutama nama PT. PLN dimasyarakat, giliran minta penyesuain upah kerja aja, kalimatnya wuuiiiihhh… sgt pedas dan menyakitkan, bagaikan disambar geledek, apakah mereka (pegawai PLN) tidak berfikir, bahwa OS juga manusia, mereka punya keluarga, punya istri dan punya anak, kalo mereka selalu ancam seperti itu, apa bedanya dengan jaman perbudakan?

4. Pegawai PLN sering menganggap rendah pegawai OS, seolah-olah pegawai PLN adalah raja dan pegawai OS adalah keset mungkin bahasa inggrisnya lebih akrab dengan sebutan “welcome”๐Ÿ˜€ JOKING MODE : ON, apakah tidak faham akan makna Outsourcing yang sebenarnya itu apa.

Saya tidak akan membahas terlalu banyak kalimat-kalimat kasar yang lain, saya hanya membahas sedikit saja kalimat-kalimat yang sesungguhnya tidak pantas untuk dilontarkan oleh orang-orang hasil rekrutmen yang digembar-gemborkan sangat ketat. PLN bukan SARANG PREMAN, bila anda berperilaku PREMAN lebih baik tinggalkan PLN, jangan kalian bertahan disana dengan alasan pribadi, PLN adalah perusahaan negara yang sepatutnya melayani masyarakat dengan sepantas-pantasnya, kalian itu (pegawai PLN) adalah kesetnya masyarakat, kalian tempat berpijak masyarakat, kalian bukanlah raja di PLN, pelangganlah raja yang sesungguhnya.

Kepada pegawai-pegawai PLN yang budiman, silahkan anda berkomentar dihalaman ini tanpa menggunakan kata-kata kasar yang tidak menjurus ke arah penghinaan, btw kira-kira ngerasa gak kalo ada pejabat atau pegawai PLN yang memiliki 4 (empat) sifat seperti yang dituliskan diatas.๐Ÿ˜€

Monggo,.. dikomentari dengan santun ya,.. hehehee… bhs premanisme NO ! bhs intelek YES!

Wassalam.

 

Tag: , , , , , , , , , , , ,

26 responses to “Fakta Terbaru : PLN Mulai Jadi “sarang preman pasar” !

  1. Uut

    30 Mei 2011 at 2:57 PM

    Salam kenal Miuski ^^

    Wah, justru klo dibaca2 sdr Miuski ini secara tidak langsung memberikan semangat buat para pegawai PLN y,, malah pandangan dari sdr Miuski ini adalah 1 dari sekian banyak sudut pandang dari luar PLN, yg bisa jadi masukan buat pegawai2 PLN,, dan yg saya lihat justru tulisan2 sdr Miuski sangat membantu para pegawai PLN untuk tidak mengulang kesalahan2 yg sudah dilakukan sebelumnya,, membantu mengintrospeksi diri dan untuk bisa melayani masyarakat dengan lebih baik,, tp dengan syarat selama isi tulisan2 sdr Miuski ini dicerna dengan baik tanpa emosi y..๐Ÿ˜‰

    lanjutkan tulisan2 sdr,, terima kasih sudah secara tidak langsung membantu kami “melihat” hal2 yg kami belum tau.. dan lanjutkan niat baik sdr untuk mengangkat derajat OS,, membantu sesama sangat dianjurkan oleh agama kan? ^^

     
  2. miuski manager

    30 Mei 2011 at 11:21 PM

    @Uut : Ayo bersemangat utk membangun bangsa tanpa emosi dan peduli terhadap sesama,mgkn byk perubahan ditubuh PLN setelah sy pergi,tp knp OS tdk memiliki berita gembira?

     
  3. boby

    31 Mei 2011 at 12:35 AM

    ” NGAPAIN JUGA NGEGAJI PEGAWAI PLN MAHAL-MAHAL KALO KE-BECUS-AN KERJA CUMA BEGITU-BEGITU DOANG, NEGARA RUGI BANGET DECH PUNYA PERUSAHAAN PLN, PEGAWAINYA TUH LEBIH PANTAS DISEBUT PARASIT, ATAU JAMUR. ”

    salah satu kutipan tulisan anda di “PT.PLN kini sudah tak BECUS jalankan Perusahaan”, menurut anda tulisan itu enak dilihat oleh pegawe PLN yg kmu bilang komennya kaya preman pasar?! menurut kmu komentar itu merupakan aksi atau reaksi dari tulisan anda yg ga etis?! dari seluruh tulisan di artikel “PT.PLN kini sudah tak BECUS jalankan Perusahaan” cobabaca lagi,siayang meremehkan siapa?! yak, OS atau ex-OS yg meremehkan kemampuan pegawe PLN.. tp di artikel ini kmu menulis bahwa pegawe PLN yg meremehkkan OS, OS lbh hebat drpd pegawe PLN..

    Dimana2 perusahaan yg memperkerjakan OS dan pegawe tetap pasti tau kualitas pegawe yg beda status ini, makanya mereka jg punya HAK dan KEWAJIBAN yg berbeda.

    Apakah gaji pegawe PLN besar?! ok, bukannya kami tak bersyukur..kami cukup menikmati gaji kami yg bs untuk membuat kami hidup layak.. tp coba kmu bandingkan dgn perusahaan baik swasta atau BUMN yg bergerak di bidang energi(jgn dgn bidanga lain,bandingkan apple to apple?!) jelas PLN ga ada apa2nya,pdhl byk teman2 kmi yg meninggal atau cacat gara2 kecelakaan kerja (tersengat aliran listrik ataupun jatuh dari ketinggian dmn mereka sdh menjalankan & tdk mengabaikan SOP keselamatan kerja tentunya)

    PLN ngakunya rugi?! gmn ga rugi,ongkos produksinya aja sekitar Rp. 3.500 s/d 8.300 per kWh tp kita jual ke masy. antara Rp. 650 s/d 2.750 per kWh?! blm lg sumber produksi mesin pembangkit yg berupa minyak solar itu naik hingga Rp. 8.000 s/d 12.000, pdhl dgn asumsi harga BBM yg saya tulis diatas hingga menghasilkan biaya pokok produksi aja kita udah rugi apalagi saat Pertamina menaikkan harga BBMnya tp PLN ga blh ikut naik?!

    Dgn BPP yg segitu tp harga jual yg segitu pula, saya jamin PLN ga akan ada saingannya..karena ga akan ada perusahaan domestik atau asing yg mau rugi utk berinvestasi mendirikan perusahaan di bidang energi kelistrikan di Indonesia.

    Untuk energi alternatif?! Investasi dgn output energi yg dihasilkan tdk berbanding lurus,belum lg energi alternatif tdk bs dikontrol dan sangat bergantung dgn alam. beda dgn msn, kontrol dan maintence sgt bs disesuaikan dgn kebutuhan energi yg harus dihasilkan.
    mau bukti, Flores “katanya” menyimpan byk energi panas bumi dan akhirnya PLN membangun PLTP yg pada akhirnya ga bs disalurkan energi yg di produksi, padahal kajian pembangunan sdh dilakukan oleh pihak yg kompeten. tp itulah jika kita bergantung pada alam, sifatnya tdk stabil dan fluktuatif pdhl syarat untuk menghasilkan energi hrs stabil dan berkelanjutan. PLN sdh mengeluarkan investasi yg besar utk membangun PLTP itu..!!

    Jd, menurut penilaian kamu sekarang PLN serta pegawai dan OSnya sekarang bagaimana?! kmu hanya pernah menjadi OS di satu tempat saja yg mungkin tergolong enak sdh menjustifikasi sedemikian rupa. PLN ga hanya di Sukabumi bung tp seluruh INDONESIA bung, banyak sekali tantangan di unit PLN di daerah2 lain..!!

     
  4. Simon

    31 Mei 2011 at 7:07 AM

    @ boby : bagus Bob… mantap tanggapannya
    emang OS MIU tuh cuma bisa komen negatif tanpa tau bagaimana proses bisnis yang sebenarnya terjadi.
    jadi buat OS Miu jangan hanya men judge dari luar. tp galilah data lebih dalam, baru anda bisa berkata demikian

     
  5. YOSEP ERELA

    31 Mei 2011 at 7:35 AM

    Bicara Premanisme :
    Preman asal kata Free Man alias manusia yang bebas…
    Saya kurang setuju dengan sdr Miuski manager bahwa pegawai PLN adalah Preman.
    Secara hukum pegawai PLN dibarasi oleh aturan dan undang undang, baik peraturan pemerintah, peraturan kepegawaian dan lain lain….

    Tapi saya hormat dengan Anda
    Cuma saya mohon anda dalam menulis ini anda juga menulis yang baik dari PLN karena PLN tidak semuanya kurang baik tapi ada sisi baiknya….

     
  6. Bambang

    31 Mei 2011 at 7:36 AM

    Pertanyaan :
    1. Data yang mas sebutkan di unit mana seh? Apakah datanya sudah lebih dari 50 % dari semua unit? Kalau belum, tulisan mas tidak sah.
    2. Perlu mas tahu, kontrak PLN dengan perusahaan outsourcing besar lho. Gaji yang mas terima itu cuma 50% dari nilai kontrak (Contoh: PLN membayar Rp 8 juta, tapi pegawai OS cuma terima Rp 4 juta). Tolong cek surat kontrak PLN dengan perusahaan outsourcing.
    3. Kalau PLN sudah tidak butuh pegawai outsourcing, tentu banyak pegawai outsourcing yang menganggur. Jumlah pengangguran bertambah banyak.
    4. Ditunggu komentarnya

     
  7. phipha

    31 Mei 2011 at 9:24 AM

    Hehe..lucu baca artikel diatas..
    tapi sekarang setelah baca artikel2 diblog ini,qt jadi tau ko kenapa banyak OS yg kerjanya asal2an, ga bertanggung jawab dan semaunya sendiri karena walopun OS kerja di PLN makan dari PLN juga tapi tidak merasa memiliki PLN..emang sih ga semuanya, banyak jg peg OS yg rajin kerjanya dan bs diajak kerja sama..
    kadang sy heran kenapa ga dipecat aja org2 kaya gitu diganti dengan yg bener2 bagus.. ups..nanti sy dibilang preman pasar yg ga punya hati nurani deh..
    tapi toh pln ga akan mecat peg os, tau kenapa??karena kebanyakan peg os adalah sodaranya,temennya ato mungkin anaknya peg pln sendiri..
    untuk menghindari kkn di pln makanya diadakan rekruitmen besar2an yg sebenarnya peg. OS juga punya kesempatan..kecuali untuk peg OS yg udah Uzur..
    Nah sekarang drpd peg PLN dengan peg OS gontok2an ga jelas, mending saling bekerjasama
    memajukan PLN untuk melayani bangsa ini..
    untuk peg pln,mungkin sekarang saat untuk lebih menghargai peg OS
    dan untuk peg OS, hendaknya lebih berintrospeksi diri dan bekerja lebih giat lagi,mungkin suatu saat perjuangan kalian tidak sia2…
    terima kasih

     
  8. jokne

    31 Mei 2011 at 12:41 PM

    kok saya melihat tulisan saudara MIU bukan untuk memberi kritik dan saran buat PLN,, tapi lebih seperti curhatnya “barisan sakit hati”..
    CMIIW..
    ^_^

     
  9. Miuski Manager

    31 Mei 2011 at 2:04 PM

    to @Udin : Hadjuh @_@,.. Hehee.. (PeN!nG MODE : ON for While) penasaran toh mas :p, piye toh ? sampe hrs googling n ngasKus segala buat cari informasi seminar yang mo ane ikutin, perhatian amet, takut ye ane kalo ane ga bs bls komentar ente-ente selama 3 hari, dikangenin tp saat ini begitu dibenci, kalo begitu ane disuruh ikutan seminar ape dong kesono!? Mungkin disuruh liburan kali? Sekedar bocoran aje ye, seminar ini hanya internal lingkungan perusahaan doang, atau bahasa kerennya training buat newbie-newbie deh, mengenai pengetahuan dasar-dasar WiMax ampe ke implementasinya. Emang sampean tahu ane kerja di ISP mana? palingan juga ente yang nge-Bull Shit, wkwkwkwk… oh iye, gue revisi dech, sebetulnya bukan ISP terbesar di ASIA, tp salah satu ISP terbesar di wilayah ASIA, itu mungkin ungkapan saking cintenye ane ma perusahaan ini kalee, ya wajarlah๐Ÿ™‚ spt cintanya kalian pada PLN, kepala dibikin kaki, kaki dibikin kepala juga pasti ente-ente lakuin demi cinte (kate piter pen begitu kan :))

    Kemudian … suka-suka ane lah, ini blog ane, kalo ane ga sibuk ya ane reply, kalo sibuk ya sory..sory.. aja jgn dimasukin ati ma pikiran miring ntar malah sinting lagi๐Ÿ˜€, kalo ane jwb terus-terusan dikata pengangguran ga da kerjaan, kalo ane ga jwb disebut ane mencari jalan kabur atau bo’ong, jadi maunya gimana dong? mslhnya begini toh re’, kalo emang bener lantas ente-ente mo pd ngapain n untungnya ape bwt ente-ente, kalo ane bo’ong mo ngapain, terus kerugiannya apa buat ente-ente, yg ngongkosin bkn ente, perusahaan gue kok, jadi ane harus pelototin terus BLOG ini, emangnya gue siapa ente? berani benar kasih-kasih perintah, ane bukan sapa-sapa MIU atw PLN lagi skrg! ga da pengaruhnya lagi bwt gue kalo ente-ente mulai dari yg kelas teri sampe pejabat PLN mau sapu habis OS di PLN juga, menemani kalian yang ga da kerjaan! Ente-ente emang kalo lagi dlm kondisi batok kepalanya panas ampe rela ngorbanin waktu jam kerja nge-net dikantor plg kerja nge-net lagi baca komentar-komentar di BLOG ini kali ye..!๐Ÿ˜€

    Sekali lagi, sory berat deh ye! karir ane jauh lebih penting ketimbang komentar-komentar iri kalian karena ane udh siap-siap TAKE OFF to Bangkok. Hahahaaa.. am so hepi today… one more time before I Sleep, sory kalo 3 hari kedepan ane musti offline.

    Kalimat terakhir nih sebelum gue tidur bermimpi sudah check in di lokasi๐Ÿ˜€ terus terang aja deh, sebetulnya gue sama sekali kagak butuh komentar-komentar ente sekalian, sekali lagi baca dengan benar ya, jgn ampe gue ngecap ente-ente pada kagak berotak n kagak ngarti tulisan gue “GUE KAGAK BUTUH KOMENTAR ENTE SEKALIAN“, kagak gue approve malah jadi pada sewot, ini BLOG gue, mo gue hapus kek, mo gue cuekin kek, itu HAK ASASI gue, kalo lo emang bisa knp gak dijebol aja ini BLOG, lantas tutup (close.. destroy.. or anything u like deh) kan beres surebes!

    Udah ah, selamat malam sodara-sodara sekalian. Gue kpgn mimpi indah dulu ye๐Ÿ™‚ ntar deh gue bagi-bagi ilmu kalo plg dari pelatihan, itu pun kalo ente-ente pada sudi nerimanye, kan rekrutmen PLN itu org2 bertalenta tinggi, cerdas n pinter-pinter๐Ÿ˜€ miss u all dech ye! jgn kangen ye! :p

    Regards, MIUSKI always Love U All๐Ÿ˜€

     
  10. Ea

    31 Mei 2011 at 3:34 PM

    Allah Taโ€™ala berfirman,

    ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูุตูŽุนู‘ูุฑู’ ุฎูŽุฏู‘ูŽูƒูŽ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุงุณู ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽู…ู’ุดู ูููŠ ุงู„ู„ุฃูŽุฑู’ุถู ู…ูŽุฑูŽุญุงู‹ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ู„ุงูŽ ูŠูุญูุจู‘ู ูƒูู„ู‘ูŽ ู…ูุฎู’ุชูŽุงู„ู ููŽุฌููˆู’ุฑู {18}

    โ€œDan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.โ€ (QS. Luqman:18)

    Haritsah bin Wahb Al Khuzaiโ€™i berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

    ุฃูŽู„ูŽุง ุฃูุฎู’ุจูุฑููƒูู…ู’ ุจูุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ู‚ูŽุงู„ููˆุง ุจูŽู„ูŽู‰ ู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒูู„ู‘ู ุนูุชูู„ู‘ู ุฌูŽูˆู‘ูŽุงุธู ู…ูุณู’ุชูŽูƒู’ุจูุฑู

    โ€œMaukah kamu aku beritahu tentang penduduk neraka? Mereka semua adalah orang-orang keras lagi kasar, tamak lagi rakus, dan takabbur(sombong).โ€œ (HR. Bukhari no. 4918 dan Muslim no. 2853).

    Diriwayatkan dari Abdullah bin Masโ€™ud radhiyallahu โ€˜anhu dari Nabi shalallahu โ€˜alaihi wa sallam, beliau bersabda,

    ู„ูŽุง ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูููŠ ู‚ูŽู„ู’ุจูู‡ู ู…ูุซู’ู‚ูŽุงู„ู ุฐูŽุฑู‘ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ูƒูุจู’ุฑู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ูŽ ูŠูุญูุจู‘ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽูƒููˆู†ูŽ ุซูŽูˆู’ุจูู‡ู ุญูŽุณูŽู†ู‹ุง ูˆูŽู†ูŽุนู’ู„ูู‡ู ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู‹ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุฌูŽู…ููŠู„ูŒ ูŠูุญูุจู‘ู ุงู„ู’ุฌูŽู…ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ูƒูุจู’ุฑู ุจูŽุทูŽุฑู ุงู„ู’ุญูŽู‚ู‘ู ูˆูŽุบูŽู…ู’ุทู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู

    โ€œTidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.โ€ Ada seseorang yang bertanya, โ€œBagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?โ€ Beliau menjawab, โ€œSesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.โ€œ (HR. Muslim no. 91)

    Hukuman Pelaku Sombong di Dunia

    Dalam sebuah hadist yang shahih dikisahkan sebagai berikut ,

    ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ุงู‹ ุฃูŽูƒูŽู„ูŽ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุจูุดูู…ูŽุงู„ูู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ยซ ูƒูู„ู’ ุจููŠูŽู…ููŠู†ููƒูŽ ยป. ู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ุงูŽ ุฃูŽุณู’ุชูŽุทููŠุนู ู‚ูŽุงู„ูŽ ยซ ู„ุงูŽ ุงุณู’ุชูŽุทูŽุนู’ุชูŽ ยป. ู…ูŽุง ู…ูŽู†ูŽุนูŽู‡ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ู’ูƒูุจู’ุฑู. ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽู…ูŽุง ุฑูŽููŽุนูŽู‡ูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ูููŠู‡ู.

    โ€œAda seorang laki-laki makan di samping Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam dengan tangan kirinya. Lalu Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda, โ€œMakanlah dengan tangan kananmu!โ€ Orang tersebut malah menjawab, โ€œAku tidak bisa.โ€ Beliau bersabda, โ€œApakah kamu tidak bisa?โ€ -dia menolaknya karena sombong-. Setelah itu tangannya tidak bisa sampai ke mulutnyaโ€ (H.R. Muslim no. 3766).

    Orang tersebut mendapat hukum di dunia disebabkan perbuatannya menolak perintah Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam. Dia dihukum karena kesombongannya. Akhirnya dia tidak bisa mengangkat tangan kanannya disebabkan sikap sombongnya terhadap perintah Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam. Inilah di antara bentuk hukuman di dunia bagi orang yang sombong.

    Diriwayatkan dari Iyadh bin Himar radhiyallahu โ€˜anhu bahwa Rasulullah shalallahu โ€˜alaihi wa sallam pernah bersabda,

    ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุฃูŽูˆู’ุญูŽู‰ ุฅูู„ูŽูŠู‘ูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽูˆูŽุงุถูŽุนููˆุง ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ู„ูŽุง ูŠูŽูู’ุฎูŽุฑูŽ ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽุญูŽุฏู ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุจู’ุบู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽุญูŽุฏู

    โ€˜Sesungguhnya Allah mewahyukan kepadaku agar kalian bersikap rendah hati hingga tidak seorang pun yang bangga atas yang lain dan tidak ada yang berbuat aniaya terhadap yang lainโ€ (HR Muslim no. 2865).

    (kebenaran hanya milik Allah, dan kesalahan adalah mutlak dari diri pribadi saya, mohon koreksinya apabila ada kutipan yang melenceng)

    Wassalam….
    Salam Positif

     
  11. takdir_lu

    31 Mei 2011 at 4:31 PM

    paraaah..ungkapan org yg udah frustasi..kesian..sabar ya mas,udah takdirnya kamu dilahirkan sprti ini. Jd OS, kesian bgt. Gue turut prihatin..yg sbr ya.๐Ÿ™‚

     
  12. jepri

    1 Juni 2011 at 5:57 AM

    masih untung bang..masih dapet lahan di PLN coba kaga?? kasian ente punya perusahaan…

     
  13. pipit

    1 Juni 2011 at 8:09 AM

    Sebagai Public service marilah kita tanggapi keluhan dan kritikan pihak luar dengan positif untuk perbaikan. Jika kita semua sedang merasa bermetamorfosa, marilah belajar dewasa menanggapi semua hal, jangan sampai loyalitas yang besar malah membutakan kita pada aib dan kesalahan2 kita saat ini, akhirnya kita lemah dan gagal bermetamorfosa. Saya kecewa dengan teman2 generasi muda PLN yang komentarnya sinis2. Sekalipun Mr Miuski ini sindirannya begitu pedas, seharusnya kita tidak menanggapinya dengan panas. Kita kaji dulu, apakah kondisi di PLN seperti itu? mungkin memang tidak semua, tapi jika masih ada, meski tidak seluruhnya, meski sedikit, bukankah tidak ada salahnya kita gunakan sebagai materi perbaikan? Itulah yang membuat kita sulit berubah, banyak orang yang merasa selalu benar, dikritik sedikit sakit hati dan malah bertahan dalam kesalahan karena gengsi. Jangan sampai kita jadi sombong kawan, yang pantas untuk sombong adalah Tuhan semata. Pendapat yang salah dr Mr Miuski, marilah kita terima dengan lapang dada dan didoakan semoga beliau diampuni karena menginformasikan yang tidak benar (bukankah manusia tempatnya salah dan lupa? termasuk PLN tentunya). Namun pendapat yang benar dr Mr Miuski, marilah kita jadikan bahan untuk menyusun program perbaikan di PLN (Tentunya kita mulai dari diri masing2) Amin

     
  14. Robi

    1 Juni 2011 at 9:21 AM

    Dear MIUSKI

    sebelumnya terima kasih atas masukkan dan kritikannya. Namun demikian sy begitu sedih dengan cara pandang Saudara. Sy di Unit PLN Wil Kalbar punya banyak teman baik yang berasal dari OS. Sy akui banyak dari mereka yg berkompeten dan bagus namun banyak pula yang sebaliknya. begitu juga dengan Pegawai PLN ada yang baik kinerjanya tp ada pula yg kurang baik.

    Kita disini berkerjasama untuk membangun kelistrikan Indonesia khususnya di Kalbar. Dengan semangat kebersamaan yang baik.

    Beberapa waktu lalu sy pernah memproses Pencurian BBM yang dilakukan oleh pegawai OS MIU yg sekarang sudah ditahan Kejaksaan. Saya sangat menyangkan kejadian tsb karena di waktu yang bersamaan sy berusaha untuk menyelamatkan kawan2 OS yang memiliki kinerja dan integritas tinggi dari kemungkinan adanya pengurangan pegawai OS.

    Sy mohon kepada MIUSKI yg terhormat mohon jgn melakukan provokasi yang dapat memecah belah segala kerjasama yg sudah terjalin secara harmonis antara Pegawai PLN dengan Pegawai OS.

    Sy juga termasuk orang yg kurang setuju dengan adanya OS kita selalu ingin tidak ada perbedaan namun demikian semua sudah ada jalan nya masing2. karena Rizki dan nasib semua di tangan Tuhan. Mari kita sama2 berpacu berprestasi dalam setiap apa yang kita kerjakan. karena Rizki datang dari Tuhan mari kita semua berpasrah dan kerja Ikhlas. Setiap kewajiban yang kita lakukan akan selaras dengan hak yang kita dapatkan.

    Semoga Anda dapat melihat sisi lain dari Pegawai PLN.

    Saya Robiatna Agus Fanhar Assistant Analyst Hukum PLN Wilayah Kalimantan Barat.

    Semoga yang terbaik selalu menyertai anda.
    Terima Kasih.

     
  15. boby

    2 Juni 2011 at 2:51 AM

    Woiiii..Yang ini salah room gan,bkn di artikel ini gan..LOL
    Pantesan kamu disuruh belajar lg, lha wong lu nya oon gini..!!udahlah gan,lu nambah2 dosa aja sih,suka bgt ya lu disumpahin,didoain,dibenci ma org byk..kaga percaya?!lu liat aje gan,tulisan bejibun gt ga ada yg ngebela,yg ada malah nyumpahin..!!set dah..!!kayanya mati lu sengsara gan,seret kluarnya tuh nyawa..abis jiwanya kaga sayang raganya sih,jiwanya buat neg-provokasi dan memfitnah..ya otomatis raganya yg nrima batunya,ngerasain sakit bgt pas sakaratul maut..malaikatnye main2in waktu nyabut nyawa lu akibat hobi lu yg provokator dan ngefitnah gan..!!masya Allah..!!

    Miuski Manager

    31 Mei 2011 at 2:04 PM

    Rate This

    to @Udin : Hadjuh @_@,.. Hehee.. (PeN!nG MODE : ON for While) penasaran toh mas :p, piye toh ? sampe hrs googling n ngasKus segala buat cari informasi seminar yang mo ane ikutin, perhatian amet, takut ye ane kalo ane ga bs bls komentar ente-ente selama 3 hari, dikangenin tp saat ini begitu dibenci, kalo begitu ane disuruh ikutan seminar ape dong kesono!? Mungkin disuruh liburan kali? Sekedar bocoran aje ye, seminar ini hanya internal lingkungan perusahaan doang, atau bahasa kerennya training buat newbie-newbie deh, mengenai pengetahuan dasar-dasar WiMax ampe ke implementasinya. Emang sampean tahu ane kerja di ISP mana? palingan juga ente yang nge-Bull Shit, wkwkwkwkโ€ฆ oh iye, gue revisi dech, sebetulnya bukan ISP terbesar di ASIA, tp salah satu ISP terbesar di wilayah ASIA, itu mungkin ungkapan saking cintenye ane ma perusahaan ini kalee, ya wajarlah๐Ÿ™‚ spt cintanya kalian pada PLN, kepala dibikin kaki, kaki dibikin kepala juga pasti ente-ente lakuin demi cinte (kate piter pen begitu kan๐Ÿ™‚ )

    Kemudian โ€ฆ suka-suka ane lah, ini blog ane, kalo ane ga sibuk ya ane reply, kalo sibuk ya sory..sory.. aja jgn dimasukin ati ma pikiran miring ntar malah sinting lagi๐Ÿ˜€ , kalo ane jwb terus-terusan dikata pengangguran ga da kerjaan, kalo ane ga jwb disebut ane mencari jalan kabur atau boโ€™ong, jadi maunya gimana dong? mslhnya begini toh reโ€™, kalo emang bener lantas ente-ente mo pd ngapain n untungnya ape bwt ente-ente, kalo ane boโ€™ong mo ngapain, terus kerugiannya apa buat ente-ente, yg ngongkosin bkn ente, perusahaan gue kok, jadi ane harus pelototin terus BLOG ini, emangnya gue siapa ente? berani benar kasih-kasih perintah, ane bukan sapa-sapa MIU atw PLN lagi skrg! ga da pengaruhnya lagi bwt gue kalo ente-ente mulai dari yg kelas teri sampe pejabat PLN mau sapu habis OS di PLN juga, menemani kalian yang ga da kerjaan! Ente-ente emang kalo lagi dlm kondisi batok kepalanya panas ampe rela ngorbanin waktu jam kerja nge-net dikantor plg kerja nge-net lagi baca komentar-komentar di BLOG ini kali ye..!๐Ÿ˜€

    Sekali lagi, sory berat deh ye! karir ane jauh lebih penting ketimbang komentar-komentar iri kalian karena ane udh siap-siap TAKE OFF to Bangkok. Hahahaaa.. am so hepi todayโ€ฆ one more time before I Sleep, sory kalo 3 hari kedepan ane musti offline.

    Kalimat terakhir nih sebelum gue tidur bermimpi sudah check in di lokasi๐Ÿ˜€ terus terang aja deh, sebetulnya gue sama sekali kagak butuh komentar-komentar ente sekalian, sekali lagi baca dengan benar ya, jgn ampe gue ngecap ente-ente pada kagak berotak n kagak ngarti tulisan gue โ€œGUE KAGAK BUTUH KOMENTAR ENTE SEKALIANโ€œ, kagak gue approve malah jadi pada sewot, ini BLOG gue, mo gue hapus kek, mo gue cuekin kek, itu HAK ASASI gue, kalo lo emang bisa knp gak dijebol aja ini BLOG, lantas tutup (close.. destroy.. or anything u like deh) kan beres surebes!

    Udah ah, selamat malam sodara-sodara sekalian. Gue kpgn mimpi indah dulu ye๐Ÿ™‚ ntar deh gue bagi-bagi ilmu kalo plg dari pelatihan, itu pun kalo ente-ente pada sudi nerimanye, kan rekrutmen PLN itu org2 bertalenta tinggi, cerdas n pinter-pinter๐Ÿ˜€ miss u all dech ye! jgn kangen ye! :p

    Regards, MIUSKI always Love U All๐Ÿ˜€

     
  16. sontoloyo

    2 Juni 2011 at 4:45 AM

    Sebelumnya salut buat agan MIUSKI…….:-)
    Saya sangat senang dan berterima kasih agan MIUSKI telah membangun blog ini yang menurut saya TOP MARKOTOP BeGeTe….
    Saya sendiri pegawai PLN…..tapi saya senang membaca tulisan-tulisan anda dan tanpa ada rasa sakit hati sedikitpun di hati saya…..
    Yang anda sampaikan mungkin REALITA yang anda sendiri hadapi ditempat dan waktu dimana anda berada pada saat itu, tetapi vonis yang anda jatuhkan seolah-olah berlaku untuk PLN umumnya, padahal yang namanya OKNUM hanya segelintir saja jika dilihat secara global. ….
    Terus terang, blog ini banyak memberi inspirasi positif untuk diri saya pribadi yang membuat saya tambah bersemangat untuk berbenah diri demi pengabdian kepada bangsa dan negara tercinta ini.
    Saya juga mengakui trik anda yang cerdik untuk membuat blog ini semakin ramai dengan tulisan-tulisan yang sangat provokatif, yang semula saya tidak tertarik untuk menulis komen di blog ini menjadi tergelitik untuk memberikan komentar. Padahal di akhir postingan agan menghimbau untuk “berkomentar dihalaman ini tanpa menggunakan kata-kata kasar yang tidak menjurus ke arah penghinaan” tetapi agan tetap memancing supaya komentar-komentar seperti itu tetap muncul. Sekali lagi salut buat agan (all thumbs for you..)
    Kalau boleh saya mohon, dan berharap agan MIUSKI berkenan untuk mengungkap fakta-fakta kebobrokan di PLN selain yang sudah ada untuk bahan introspeksi diri untuk ke depan yang lebih baik, karena kalau kita yang menilai diri sendiri sudah dapat dipastikan nilainya pasti baik dan sempurna. Semakin banyak semakin baik.
    Akhirnya, semoga blog ini tetap eksis dan semakin mengungkap realita yang ada. Saya akan terus mengikuti perkembangan blog ini karena saya mendapatkan manfaat yang sangat besar dari blog ini yang membuat saya semakin bersemangat untuk berbenah diri demi PLN yang lebih baik. Saya berdoa semoga agan MIUSKI selalu diberikan kesehatan dan kesempatan oleh ALLAH SWT untuk tetap meneruskan perjuangannya.Dan harapan saya, semoga suatu saat blog ini akan berisi rasa kepuasan hati dan tulisan-tulisan positif terhadap PLN yang terlahir dari ketikan tangan agan MIUSKI.
    Sukses buat workshopnya semoga tambah sukses buat agan MIUSKI……..salut buat agan MIUSKI….
    Wassalam.

     
  17. endin

    8 Oktober 2011 at 3:18 PM

    Buat semuanya,tolong masing masing introspeksi diri,jangan saling memancing emosi saudara sendiri,karena itu dosa yang jelas jelas harus dipertanggung jawabkan dihadapan illahi robbi,jagalah hati,jangan kau nodai.

     
  18. DOMOS

    12 Oktober 2011 at 5:27 PM

    Ujung Tombaknya PLN kan Outsourcing,, jadi outsourcingnya tuh yg kagak becusโ€ฆWkkk,,!

    Horeeโ€ฆ,,ayo dibikin heppy-heppy aja ini blog..jangan di tanggepin serius..wkkk,,

    Gue kan suka psikologis,,jd gue ngerti ini orang agak pintar tak berarah..!Wkkkkk..!

     
  19. mang ujang

    30 Januari 2012 at 8:24 AM

    saya keluar dari os pln lalu dagang cendol gan, karena nggak tahan di pln.
    udah 5 tahun gan, sekarang sudah bisa nyewa ruko buat dagang cendol dan beli mobil avanza, walau seken hehe, mending keluar aja gan, jangan di pln banyak jin ifrit.

     
  20. ontong

    1 April 2012 at 4:12 PM

    wkwkwkwkwkwkwk ajib gile ane ngakak ampe guling gan terutama ngebaya postya para pegawe yg kataya serba tinggi ini. klo boleh jujur sih dari 100 orang pegawe PLN mungkuin hanya 30 ato kurang malah ya yg miliki otak yg tinggi tingi itu ye……:D makanya pada ngoceh dimari dan selainya ya kayak yg diatas2 entu yg pada ngoceh

    lanjutkan terus bang bro miusku biarkan lah para pegawe PLN entu pada tau diri dan berhenti makan uang rakyat

     
  21. Arienz aray

    15 Juni 2012 at 7:54 AM

    Wow….wow….
    Sorry mayori nih ye sebelumnye….
    Sbenernye ni kan kritikan demi kemajuan PLN n manusia2 d dlm na.
    N juga untuk kemajuan kaum OS yg d katakan sebagai “keset”.
    Harusnya kn artikel d ats ntu bsa d jdikan cerminan….
    Kn dah d bilang sma si agan d ats, klo g smua pgawe PLN yg kya geto…..
    Hadeh……ampun dah.
    mang na kmern yg d dpt dari rekrutment yg ktanya besar2an sampe yg tugas di daerah g prnah dpt kabarnya kapan d mulai n tau2 manusianya yg lulus udh pada muncul aje.
    Udh lah. Klo ni d bilang curhatan,lebih tepatnya curhatan kami2 yang tertindas.
    Ada yang bilang knpa g d pecat aj org2 OS? Y emang ga mau mecat,tp d pindahin ke unit tengah hutan.supaya ga betah,trus tgl tunggu matinya aja. Supaya juaga ga perlu ngluarin uang pesangon.
    Cobalah anda bayangin,gimana kLo anda – anda d posisi kami yang ga ada arah tujuan hidup yang pasti.
    Rajin ataupun gak rajin,tetap aje jd keset.sedangkan anda yg gak turun ke lpangan langsung,mlh dapat pujian.bahkan dapat kenaikan peringkat.
    Kenapa gak yg rekrutment ni ug jd OS, n yg OS d jadiin pgawe?
    Gak jg kekonyolan sperti skarang ni.

    Udah lah….klo g bisa nyari jln kluar,mnding anda2 t diem aj deh.
    Biarkan kami2 mencurahkan apa yg ada d benak kami.
    Hingga ada org PLN yg bener2 cerdas mmbaca artikel2 curhatan kami.
    Dan bisa mengeluarkan kami dari permasalahan yang konyol ini.

    Untuk agan MIUSKA, sya berterima kasih sama agan, wlopun agan dah gak d OS PLN lg, tp agan msih peduli sma sodara2 na yg msih tertindas.
    Sya sangat berharap sekli anda dapat meneruskan perjuangan kita.
    N smoga perjuangan qt gak sia2 n d perjuangkan pula sama petinggi2 qt.
    Amin.

    Wassalam.

     
  22. joko tingkir

    15 Juni 2012 at 10:14 AM

    Perjuwangan blm berakhir saudara q OS.

     
  23. Ook

    22 Juni 2012 at 5:05 PM

    Yang beginian di ladenin????
    Hahahah
    G ngefek!!!!!
    Ngabis”in energi
    Buang” tenaga
    G penting
    Masih bnyak PR yg harus di kerjain buat memajukan bangsa ini…
    Udah gitu doank gw mah…

     
  24. aaX

    5 Juli 2012 at 4:56 AM

    Yang saya liat,MIU di PLN sukabumi bekerja seenaknya saja…
    Kinerja mereka bisa apa???
    0 besar
    Pantas kan dikucilkan

     
  25. ardhianysah

    5 September 2012 at 6:05 AM

    Manfaatkan waktu sebaik2nya..mungkin udah miliknya,, tp jgn tergantung trus ma prsuhaan trsbt..Cari dana tambahan laen d luar ini..ok bro..!!

     
  26. os

    2 Oktober 2012 at 2:58 AM

    mantap lha…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: